keterkaitan individu dan kebudayaan serta masyarakat dan kebudayaan

Kebudayaan sudah menjadi hal yang selalu berdampingan dengan kehidupan seorang individu atau masyarakat. keterkaitan antara kebudayaan dan individu atau masyarakat bahkan tidak bisa dilepaskan, dua hal tersebut sudah mejadi satu paket dalam kehidupan. Tentunya kebudayaan itu bukan tentang satu hal saja, jika ditelusuri kebudayaan itu ada berbagai macam perwujudan.

Sebelum membahas keterkaitan individu dan kebudayaan serta masyarakat dan kebudayaan, apa itu kebudayaan? Dalam sansekerta kebudayaan berasal dari kata buddayah bentuk jamak dari budi-daya yang artinya cipta, rasa, karsa. Atau secara harfiah yaitu totalitas system gagasan, tindakan, dan hasil karya seorang manusia untuk memenuhi kebutuhan menusia tersebut dengan suatu tindakan yang disebut belajar. Menurut J.P Chaplin dalam bukunya yang berjudul Dictionary of psychology yang sudah diterjemahkan oleh Dr. Kartini Kartono kebudayaan (culture) adalah totalitas adat kebiasaan, seni, ilmu pengetahuan, tingkah laku religious, dan politik sebagai satu totalitas terintegrasi, yang membedakan satu masyarakat dari masyarakat lainnya. Kebudayaan mempunya beberapa perwujudan, seperti berikut :

1.      Wujud sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan.

2.      Wujud sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan, berpola dari manusia dalam masyarakat.

3.      Wujud benda-benda hasil karya manusia.

Individu merupakan satu seorangan yang merupakan bagian dari masyarakat tetapi ia berdiri sendiri tidak masuk dalam suatu masyarakat, sedangkan masyarakat didalamnya merupakan kumpulan individu.

Jika dilihat dari ketiga perwujudan diatas, lalu keterkaitan individu dan kebudayaan serta masyarakat dan kebudayaan itu seperti apa?

Yang pertama, kaitan individu dan kebudayaan serta masyarakat dan kebudayaan yaitu :

1.      Wujud sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma dan peraturan.

Dalam perwujudan ini, wujud kebudayaannya bersifat abstrak yang artinya tidak membentuk suatu bentuk. Misalnya perilaku seorang individu satu dengan individu lainnya atau bagaimana cara berperilaku dihadapan masyarakat. perwujudan ini juga termasuk sopan santun atau adat istiadat didalam masyarakat itu sendiri.

2.      Wujud sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan, berpola dari manusia dalam masyarakat.

Perwujudan ini dapat dilihat melalui indra, seperti berinteraksi antar individu atau masyarakat. hal lainnya seperti melakukan kegiatan sosial yang memerlukan suatu aktivitas dari individu tersebut atau masyarakat serta sebuah tindakan.

3.      Wujud benda-benda hasil karya manusia.

Perwujudan ini juga bisa dilhat melalui indra dan bersifat konkret. Dapat dinikmati seperti lukisan atau artefak. Keterkaitannya dengan individu yaitu, disini individu tersebut menciptakan karya, pencipta karya tersebut berinteraksi dengan penikmat karyanya melalui kerya tersebut. Sedangkan keterkaitan dengan masyarakat yaitu seperti lukisan didinding-dinding gang desa, lukisan-lukisan tersebut bukan hanya sekedar lukisan tetapi terdapat makna didalamnya.

 

Sekian ulasan saya tentang keterkaitan individu dan kebudayaan serta masyarakat dan kebudayaan. Semoga bermanfaat, banyak kurangnya mohon maaf, terima kasih^^

 

referensi

Dr. kartini kartono (ed). 2002. kamus lengkap psikologi. jakarta : PT gravindo persada

pasaribu, rowland B. 2013. manusia dan kebudayaan. 

Komentar